09 Maret 2011

PROPOSAL PKL KIMIA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA


PROPOSAL PERAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
KIMIA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
 Disusun Oleh: Samsul Muarip, Ichsan Nugroho, Wiroso

A. Latar Belakang
Berdasarkan penanggalan akademik Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga untuk Fakultas Sains Dan Teknologi, khususnya program studi kimia semester gasal (semester VII) terdapat mata kuliah praktek kerja lapangan yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kimia. Kegiatan praktek kerja lapangan ini diharapkan dapat menambah ilmu, wawasan serta pengalaman yang lebih luas kepada mahasiswa.
PT. Budi Makmur Jaya Murni merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang beroperasi dalam bidang penyamakan kulit domba atau kambing dimana pemasarannya sudah mampu menembus pasar internasional.

Industri penyamakan kulit merupakan salah satu industri yang menggunakan bahan kimia yang berbahaya dan beracun didalam melaksanakan proses industrinya dalam mengolah kulit mentah menjadi kulit tersamak, Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan oleh adanya industri penyamak kulit ialah pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh adanya buangan atau limbah yang berupa limbah cair, padat dan gas.
Air limbah yang dihasilkan oleh perusahaan memiliki potensi berbahaya bagi kesehatan maka perlu penanganan air limbah yang baik dan benar, yaitu dengan adanya instalasi pengolahan air limbah. Oleh karena itu pembangunan suatu perusahaan harus disetai dengan pengawasan, pemantauan,dan perhatian terhadap limbah perusahaan yang dihasilkan (Agnes AR dan R Azizah 2005).
Sebagai perusahaan yang besar, uinit IPAL PT Budi Makmur Jaya Murni Yogyakarta dengan sistem Biologi Aerobik memiliki kapasitas 1050 m3/hari mampu menurunkan COD 87.45 %.
Unit pengolahan air limbah PT.Budi Makmur Jaya Murni mengolah air limbah dengan menggunakan sistem pengolahan primer, kemudian dilanjutkan dengan pengolahan secara biologis. Air limbah hasil proses produksi bersifat asam dan basa. Sebelum kedua jenis limbah dengan sifat yang berlainan PH itu disatukan, terlebih dahulu perlu diberi perlakuan khusus terutama untuk air limbah yang bersifat asam, kemudian baru dapat diolah sesuai dengan standar pengolahan air limbah untuk penyamakan kulit.
B. Batasan Masalah
Dalam melaksanakan kerja praktek perlu dilakukan pembatasan masalah agar lebih mudah dalam menganalisa objek tujuan serta pembahasannya. Batasan tersebut meliputi analisis perbedaan kadar COD dan pH pada air limbah PT. Budi Makmur Jaya Murni Yogyakarta.
C. Tujuan
Tujuan dilakukan kerja praktek di industri penyamakan kulit PT. Budi Makmur Jaya Murni adalah :
Mempelajari perbedaan kadar COD dan pH pada air limbah sebelum dan sesudah pengolahan di PT Budi Makmur Jaya Murni Yogyakarta.
D. Manfaat
1. Bagi Mahasiswa
a. Untuk mempraktekkan teori atau ilmu yang telah diperoleh dibangku kuliah.
b. Untuk menambah wawasan serta pemahaman tentang arti pentingnya melestarikan lingkungan.
2. Bagi Perusahaan
a. Untuk menunjukkan pada mahasiswa serta masyarakat umum bahwa COD dan pH air limbah perusahaan tersebut sudah memenuhi baku mutu yang diperbolehkan.
b. Sebagai sumbangan pemikiran dan bahan pertimbangan dalam melaksanakan proses produksi terutama dalam pengolahan air limbah.

Tidak ada komentar: