05 Januari 2012

PRESENTASI RESUME JURNAL ANALISIS KATION DAN ANION AIR TANAH DI DAERAH SUKABUMI JAWA BARAT ( Hendrawati dan Siti Maryam)




NOTULEN            : RATU PARAMITA
PEMBICARA       : SAMSUL MUARIP
                                 NIKO NUROVA
                                 ANIS FUAD
HAIL                       :
1.       Shinta   :  Apakah manfaat analisis anion-kation bagi kehidupan?
Samsul  : Anion dan kation dalam penelitian ini dapat diguanakan untuik penelitian lebih lanjut terhadap dampak yang akan ditimbulkan baik itu terhadap manusia maupun terhadap pemakaian dalam industry dimana dari hasil penelitian ini didaatkan bahwa airnya memiliki tingkat kesadahan  yang cukup tinggi sehingga dapat meneyebabkan karat pada logam, konsumsi yang cukup tinggi terhadap deterjen, dan pengendapan pada alat-alat memasak.

2.       Budi       : Bagaimana Prinsip kerja AAS?

Samsul : prinsip dasar AAS adalah menganalisa absorpsi sinar yang tunggal oleh atom-atom logam yang dipanaskan dan dibaca oleh detector dalam bentuk adsorbansi, dari larutan standar itu kita dapat mengetahui konsentrasi sample yang dicari dengan menggunakan gerafik fungsi absorbansi terhadap konsentrasi. 
Suhardi : Kenapa Spektroskopi UV-Vis Digunakan untuk menganalisa anion sedang AAS digunakan untuk kation?
Samsul     : Uv-Vis  dapat menganalisa berbagai bentuk sampel dalam bentuk anionnya sedangkan utuk AAS ini biasanya digunakan untuk analisis Logam dan kation yang dianalisa merupakan lion-ion logam.

4.       Huda     : Polutan dalam air tersebut apa? Kalau airnya kita minum efeknya apa dan bagaimana dengan akuades? Manfaat juranal? pH airnya berapa?

Samsul : polutan dalam penelitian ini tidak dianalisis kareuna penelitian ini hanya menganalisa  beberapa anion dan kation yang memang sudah bisa da di dalam air dan tidak berbahaya. Sesungguhnya dalam air itu terdapat mineral yang dibutuhkan oleh tubuh namun demikian tubuh mempunyai kapasitas maksimal yang dibutuhkan mineral yang dibutuhkannya sehingga tidak boleh melebihi ambang batas yang dibutukan, namun ketika kita hanya meminum akuades yang murni tidak mengandung mineral itupun tidak baik karena tubuh kita harus di suplai dengan mineral-mineral  yang dibutuhkan oleh tubuh salahsatunya didapatkan dari air minum kita kalupun diminum air tersebut hanya berfungsi sebagai pelarut saja. Manfaat jurnal diguanakan untuk penelitian lebih lanjut dalam bdang air dan dapat digunakan sebagai informasi awal tentang keadaan air di daerah tersebut.  Karena iairnya cukup sadah berarti airnya memiliki pH antara 7,5-8,5 namun masih bisa diminum karena termasuk basa lemah.
5.       Rohmat                : Apakah kesadahan disemua tempat atau hanya temapat tertentu saja?

Samsul : Kesadaha dipengaruhi oleh adanya ionCa2+ dan Mg2+ pabila kadarnny cukup tinggi maka bisa dikatakan air tersebut termasuk air sadah namun tidak semua tempat memiliki kesadahan yang sama, karena air ini dipengaruhi lingkungannya dipengaruhi lingkungannya berupa batuan-batuan dan mineral yang dapat larut dalam air tersebut.

Tidak ada komentar: