20 Januari 2012

MANFAAT DAN KANDUNGAN TIAP BAGIAN TANAMAN PISANG



Dari penelitian yang telah banyak dilakukan terhadap buah pisang serta limbah buangan serta limbah pertaniannya diketahui tanaman pisang mempunyai kandungan yang bermanfaat yang dapat digunakan oleh manusia sebagai makanan, obat, kerajinan dan lain-lain.
1.     Buah Pisang
Gambar 25. Buah pisang belum matang
http://padang-today.com/index.php?mod=berita&today=detil&id=7548

Buah pisang (Musa sp) merupakan salah satu buah yang banyak digemari orang. Umumnya buah pisang dikonsumsi sehabis makan. Sebagai buah meja, pisang dijadikan hidangan pencuci mulut. Kandungan kalium yang cukup banyak terdapat dalam buah ini mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, dan memperlancar pengiriman oksigen ke otak. Selain itu, kandungan Vitamin A yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap ISPA, kulit bersisik, dan kebutaan. Manfaat lain, pisang bisa menjadi pengganti makanan pokok, sehingga mengurangi ketergantungan rakyat Indonesia terhadap beras.
Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.
Tabel 1. Kandungan gizi yang terdapat dalam setiap buah pisang matang
No
Nama Zat
Kandunagn
1
kalori
99 kalori
2
protein
1,2 gram
3
lemak
0,2 gram
4
karbohidrat
25,8 miligram (mg)
5
serat
0,7 gram
6
kalsium
8 mg
7
fosfor
28 mg
8
besi
0,5 mg
9
vitamin A
44 RE
10
Vitamin B
0,08 mg
11
Vitamin C
3 mg
12
air
72 gram
Sumber : http://malugada.com 2011

Kandungan energi pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.
Pisang juga mempunyai kandungan khrom yang berfungsi dalam metabolisme karbohidrat dan lipid. Khrom bersama dengan insulin memudahkan masuknya glukosa ke dalam sel-sel. Kekurangan khrom dalam tubuh dapat menyebabkan gangguan toleransi glukosa. Umumnya masyarakat hanya memakan buahnya saja dan membuang kulit pisang begitu saja.
2.  Gedebong pisang
Gambar 26. Gedebong Pisang
http://www.kujie2.com/berita-komuniti-kujie/mid-gulai-kawah-umbut-pisang.html
Di dalam gedebong pisang terkandung getah yang menyimpan banyak maanfaat, yang salah satunya digunakan di dalam dunia medis. Getah pisang mengandung “saponin, antrakuinon, dan kuinon yang dapat berfungsi sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit.
Selain itu, terdapat pula kandungan lektin yang berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan sel kulit. Kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri agar tidak dapat masuk pada bagian tubuh kita yang sedang mengalami luka. Getah gedebong pisang bersifat mendinginkan. Zat tanin pada getah batang pisang bersifat antiseptik, sedangkan zat saponin berkhasiat mengencerkan dahak.
Batang pisang banyak dimanfaatkan masyarakat, terutama bagian yang mengandung serat. Setelah dikelupas tiap lembar sering dimanfaatkan sebagai pembungkus untuk bibit tanaman sayuran, dan setelah dikeringkan digunakan untuk tali pada pengolahan tembakau, dan dapat pula digunakan untuk kompos.
3.  Kulit Pisang
Gambar 27. Kulit pisan sisa produksi
http://majalahpendidikanmerahputih.wordpress.com/2010/04/05/kulit-pisang-bahan-dasar-es-krim/
Di dalam kulit pisang ternyata memiliki kandungan vitamin C, B, kalsium, protein, dan juga lemak yang cukup. Hasil analisis kimia menunjukkan bahwa komposisi kulit pisang banyak mengandung air yaitu 68,90 % dan karbohidrat sebesar 18,50 %. Hasil penelitian tim Universitas Kedokteran Taichung Chung Shan, Taiwan, memperlihatkan bahwa ekstrak kulit pisang ternyata berpotensi mengurangi gejala depresi dan menjaga kesehatan retina mata. Selain kaya vitamin B6, kulit pisang banyak mengandung serotonin yang sangat vital untuk menyeimbangkan mood. Selain itu, ditemukan pula manfaat ekstrak pisang untuk menjaga retina dari kerusakan cahaya akibat regenerasi retina.
Kulit pisang biasanya digunakan masyarakat untuk makanan ternak ataupun digunakan sebagai kompos, namun sekarang-sekarang ini kulit pisang telah dimodifikasi menjadi bahanbahan yang bias di konsumsi seperti tepung kulit pisang, keripik kulit pisang, nata dan tepung kulit pisang.

4.  Bonggol Pisang
Gambar 28. Bonggol pisang
http://yefrichan.wordpress.com/2010/05/22/bioethanol-bonggol-pisang/
Bonggol pisang adalah umbi batang pisang, di beberapa daerah, bonggol batang pisang yang muda dapat dimanfaatkan untuk sayur, olahan keripik dan kerupuk.
Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa bonggol pisang mengandung karbohidrat yang cukup tinggi. Dalam 100 g bahan, bonggol pisang kering mengandung karbohidrat 66,2 g dan pada bonggol pisang segar mengandung karbohidrat 11,6 g.
Tabel 2. Kandungan gizi 100 g bonggol pisang
5.  Jantung Pisang
Gambar 29. Jantung Pisang
http://bp3kpkerinci.blogspot.com/2011/04/budidaya-tanaman-pisang.html
Jantung pisang adalah ujung bunga pisangn yang tersisa saat bagian lainnya bertumbuh menjadi  buah pisang. Jadi bagian ini adalah sisa bunga pisang yang tidak lagi bisa menghasilkan buah. Bagian ini memang harus dipotong agar buah pisang bisa bertumbuh maksimal. Jantung pisang yang berupa kelopak berwarna ungu dengan jajaran bunga berwarna putih kekuningan ini tidak begitu enak sehingga nilai ekonominya rendah
Jantung pisang mengandung zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu berupa: Protein 12,051%, Karbohidrat 34,831% dan lemak total 13,050%. Selain karbohidrat, jantung pisang juga mengandung protein, mineral (terutama fosfor, kalsium, dan besi), serta sejumlah vitamin A, B1 dan C.
Komponen penting lainnya yang terdapat pada jantung pisang adalah serat pangan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan, serat pangan sangat bermanfaat untuk:
a.    Memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus, sehingga aliran energi ke dalam tubuh menjadi tetap,
b.    Memberikan perasaan kenyang yang lebih lama,
c.    Memperlambat kemunculan gula darah (glukosa), sehingga insulin yang dibutuhkan untuk mengubah glukosa menjadi energi semakin sedikit.
d.    Membantu mengendalikan berat badan dengan memperlambat munculnya rasa lapar,
e.    Meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan pergerakan usus besar,
f.    Mengurangi risiko penyakit jantung,
g.    Mengikat lemak dan kolesterol kemudian dikeluarkan melalui feses (proses buang air besar).
Jantung pisang juga telah diteliti khasiatnya untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Menurut Yayasan Jantung Indonesia bagian tanaman pisang ini mempunyai efek melancarkan sirkulasi darah dan sebagai antikoagulan yaitu mencegah penggumpalan darah. Dengan demikian hal ini akan mengurangi terjadinya stroke dan pendarahan otak, baik untuk jantung dan pembuluh darah karena penyebab utama penyakit ini adalah gangguan pada pembuluh darah.
Jantung Pisang biasanya dimanfaatkan untuk membuat sayur, karena kandungan protein dan vitamin. Selain dibuat sayur, bunga pisang dapat pula diolah menjadi manisan, acar, abon dan dendeng.
6.  Daun Pisang
Gambar 30. Daun Pisang
Masyarakat pedesaan memanfaatkan daun pisang sebagai bahan pembungkus terutama daun pisang Batu. Daun pisang Batu yang masih muda harganya mahal, digunakan untuk membungkus kue tradisional, pembungkus temped an pembungkus dirumah makan tradisional. Daun yang tua setelah dicacah, biasa digunakan untuk pakan ternak seperti kambing, kerbau atau sapi, karena banyak mengandung unsur yang diperlukan oleh hewan. Bila daun pisang berlebihan dapat pula dimanfaatkan menjadi kompos.

5 komentar:

Unknown mengatakan...

bedanya bonggol ama batang apa nih?

Unknown mengatakan...

tunas pisang tuh yg kecil yaa alias ank nya pisang gt,,

Unknown mengatakan...

bonggol itu bagian bawah pisang yang kayak umbi...kalau batang itu pohon pisangnya

iya kalau tunasnya itu anakan pisang

Unknown mengatakan...

Terimakasih infonya, sangat membantu penelitian kami.

Unknown mengatakan...

Kalau untuk di jadi kan probiotik ikan bagus ga ya